Realisasi e-KTP Sudah 80 Persen

Selasa, 29 September 2015 | 23:49:36 WIB | Dibaca: 368 Kali


REKAM DATA : Selama tahun 2015 baru 53 orang yang mengajukan untuk pembuatan e-KTP

TELANAIPURA - Pengajuan pembuatan e-KTP di Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura pada tahun 2015 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Penurunan ini terjadi karena  hampir semua warga sudah mengajukan pembuatan e-KTP ke kelurahan pada tahun 2014 lalu.

Darmawan, Lurah Legok mengatakan, e-KTP merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan, dan penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 KTP. Didalamnya tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup. “Pada tahun 2015  ini baru  53 orang  yang sudah  mengajukan pembuatan e-KTP,” katanya.

Dari 3.400 jumlah warga yang ada di Kelurahan Legok, sudah 80 persen yang sudah melakukan reka data e-KTP dan hanya 20 persen yang belum. Pada tahun 2014 lalu sebanyak 264 orang mengajukan pembuatan e-KTP, namun sampai dengan bulan September ini, hanya 53 orang yang mengajukan. “Karena sudah banyak yang mempunyai e-KTP dan yang membuat itu rata-rata anak yang sudah berumur 17 ke 18 tahun yang ingin punya e-KTP,” ungkapnya.

Syarat pembuatan e-KTP yaitu harus memiliki kartu keluraga, harus ada pengantar dari ketua RT, pas photo, serta menyerahkan bukti lunas PBB pada tahun berjalan. Penerapan bukti PBB sebagai salah satu sarat merupakan salah satu cara agar bisa meningangkat PBB di Kelurahan Legok, dan masyarakat menyetujui persyaratan yang sudah ditentukan oleh kelurahan.

Darmawan menambahkan, apabila ada masyarakat yang tidak setuju dengan syarat tersebut, maka lurah akan memberi pengarahan supaya mereka mau mengikuti syarat-syarat yang ditentukan. Untuk pembuatan e-KTP tanpa ada  baiya lain selain yang telah ditetapkan seperti pembayaran PBB. “Setiap warga yang baru pindah atau pendatang, harus ada surat pindah. Jika sudah dua tahun menetap, maka RT berhak harus surat pengantar untuk mendapatkan belangko surat KK, dan langsung dibawa ke kelurahan,” imbuhnya.  

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks