Kegiatan Siskamling Harus Diaktifkan

Selasa, 29 September 2015 | 23:42:41 WIB | Dibaca: 514 Kali


POS KAMLING : Warga Kelurahan Suangai Putri rutin mengadakan Kegiatan Siskamling guna meningkatkan kewaspadaan warga

TELANAIPURA –Pemerintah Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Telanaipura telah menghimbau agar seluruh RT mengaktifkan kegiatan Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling). Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan warga, guna  meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kemalingan pada malam hari.

Lurah Sungai Purti, Khairul Anwar, mengatakan, dari 26 RT yang ada dikelurahan Sungai Putri, 60 persennya sudah melaksanakan kegiatan Siskamling, sedangkan 30 persennya belum maksimal. Ini dikarenakan bulum tersedianya tempat untuk melaksanakan kegiatan kegiatan Siskamling. “Untuk pembuatan pos kamling memang tidak ada bantuan dari pemerintah, warga membangunnya secara swadaya. Ini yang sering menjadi kendala,” ujarnya.

Kondisi pos kamling dibeberapa RT masih banyak yang harus diperbaiki, karena dari awal pembuatannya, masyarakat hanya menggunakan bahan dan peralatan seadanya.  Untuk memperbaiki pos kamling yang kurang baik lagi, warga harus kembali melakukan swadaya.

Dalam penerapan siskamling, biasanya ada kesepakatan antar warga, dimana bagi warga yang tidak datang pada saat jadwal akan dikenakan denda dengan besarannya tergantung pada kesepakatan warga. Tetapi dengan adanya denda yang diterapkan, biasanya akan mengurangi rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. “Baiknya kegiatan siskamling dihadiri bersama, ini juga sebagai ajang silahturahmi dengan warga yang lainnya, sehingga bisa lebih saling kenal,” sebut Khairul Anwar. 

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks