Kampung Tenun Akan Ada di Legok

Selasa, 29 September 2015 | 23:42:01 WIB | Dibaca: 363 Kali


TENUN : Darmawan, Lurah Legok (Kiri).Pemerintah Kota Jambi memprogramkan Kampung Tenun untuk memberdayakan ibu rumah tangga di Pulau Pandan

TELANAIPURA – Untuk memberdayakan masyarakat Kelurahan Legok, kecamatana Telanaipura, Pemerintah Kota Jambi terus berupaya membina keterampilan dan skil masyarakat yang tinggal di sana. Sebelumnya telah diluncurkan program Sekolah Tukang yang diprakarsai oleh Iluni Jambi, dan dalam waktu dekat aka nada Kampung Tenun dari pemrintah Kota Jambi.

Darmawan, Lurah Legok mengatakan Sekolah Mesin melalui program Sekolah Tukang merupakan program yang diperuntukkan bagi pemuda kelurahan Legok dalam pembinaan keterampilan di bidang mesin. Pemuda-pemuda akan didata kemudian mengikuti pelatihan keterampilan yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia. “Mereka akan diberikan keterampilan tukang bangunan, tukang jahit, tukang mesin maupun keterampilan mengolah makanan,“ katanya.

Selain itu, masyarakat Pulau Pandan khususnya ibu rumah tangga akan diberdayakan melalui Kampung Tenun. Dalam hal ini Pemerintah Kota Jambi telah menyusun program pemberdayaan melalui keterampilan tenun. Pembinaan ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat sehingga bisa mandiri dan juga berguna sebagai penunjang kesejahteraan keluarga.

Upaya Pemerintah Kota Jambi dalam memberdayakan masyarakatnya tentu harus didukung oleh semangat dan kemauan masyarakat. Bahkan, pemerintah juga telah menyiapkan berbagai program lainnya seperti perbaikan infrastruktur di Pulau Pandan serta menjadikan kawasan Danau Sipin sebagai kawasan wisata. “Ini untuk kemajuan Kelurahan Legok, diharapkan kerjasama seluruh warga,” imbuhnya. (azz)

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks