Realisasi e-KTP Baru Separuh

Selasa, 29 September 2015 | 23:35:02 WIB | Dibaca: 208 Kali


PENDATAAN : Rekam data e-KTP berjalan lancar di Kecamatan telanaipura, sebanyak 58.038 data warga sudah terekam

TELANAIPURA - Realisasi rekam data e-KTP di Kecamatan Telanaipura telah mencapai 80 persen atau sebanyak 58.038 data warga yang terekam. Namun e-KTP yang sudah tercetak kurang dari separuhnya, yaitu sebanyak 24.000 e-KTP yang saat ini sedang didistribusikan kepada warga.

Kepala UPTD  Dukcapil Kecamatan Telanaipura, Akmaludin mengatakan, memang masih banyak e-KTP yang belum jadi, ini karena adanya beberapa kendala yang menghambat proses pembuatan e-KTP. Diharapakan apabila setelah dicetak nantinya, tidak ada kendala pengiriman dari pusat. “Warga sudah sangat menantikan e-KTP dari pusat, karena ada warga yang memiliki KTP sudah habis masa berlakunya,” sebutnya.  

Kendala yang terjadi baru-baru ini dikarenakan adanya perubahan saluran jaringan yang menjadi pusat akses pengiriman data. Dalam proses pembuatan E-KTP pihak Kecamatan hanya merekam data dan selanjutnya dikirim ke pusat untuk dicetak. Proses pendistribusian dari pusat ke Kecamatan secara bertahap dan terkadang mengalami kemacetan dalam beberapa waktu. “Terkadang e-KTP yang dikirim sebanyak 500 sampai dengan 1.000 e-KTP, begitu sampai langsung kita distribusikan,” katanya.

Walapun e-KTP sudah diterbitkan dan disalurkan ke kecamatan, namun ada juga warga yang tidak datang untuk mengambil E-KTP, sehingga e-KTP yang sudah jadi terlihat menumpuk. Seharusnya e-KTP yang sudah jadi segera diambil setelah adanya pemberitahuan dari pemerintah kecamatan. “’Kita menghimbau kepada masyarakat khususnya daerah Telanaipura agar segera mengambil e-KTP, supaya proses pendistribusian berjalan tanpa ada gangguan,” imbuhnya.

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks