28 PKL Telanaipura Segera Dipindahkan

Selasa, 29 September 2015 | 23:33:49 WIB | Dibaca: 184 Kali


PEDAGANG : Sejumlah PKL yang berjualan di Kelurahan Telanaipura akan dipindahkan ke jalan Haryono Telanaipura yang menjadi tempat berjualannya PKL

TELANAIPURA – Pemerintah Kelurahan Telanaipura telah mendata sebanyak 28 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Kelurahan Telanaipura bersedia untuk dipindahkan pada lokasi yang sudah disediakan oleh pemerintah Kota Jambi. Lokasi tersebut berada di jalan Haryono Telanaipura, yang memang difokuskan menjadi tempat berjaulan PKL.

Lurah Telanaipura Hartono, mengatakan penataan PKL perlu dilakukan demi menciptakan kondisi lingkungan yang tertata rapi dan mengurangi kemacetan akibat PKL berjualan menggunakan badan jalan. Penataan PKL yang dilakukan dengan cara pendekatan persuasif juga dapat menghindari konflik penertiban antara petugas Satpol PP dengan para PKL. “Penataan PKL di kawasan Telanaipura ini mengalami kemajuan yang sangat baik, karena para PKL menerima semua keputusan dari Pemkot,” sebutnya.

PKL yang dipindahkan saat ini tidak lagi meninggalkan lapak dagangan mereka, melainkan mereka sudah beralih menggunakan mobil bak terbuka untuk berjualan, sehingga mudah untuk pindah. Walapun jumlah PKL yang banyak apabila menggunakan mobil mudah untuk ditertibkan.

Hartono menambahkan, Pemkot Jambi tetap melarang PKL yang berjualan dipinggir jalan, terutama pada jalan yang dilarang menjadi tempat PKL berjualan. Pemerintah kelurahan bekerjasama dengan dinas terkait sudah mengagendakan jadwal penertiban PKL yang masih membandel. “Pemkot telah menyediakan dana untuk mengganti rugi para PKL terutama bangunan yang digunakan PKL untuk berjualan,” katanya.

Selain menertibkan PKL, pemerintah Kelurahan Telanaipura juga telah merencanakan pengadaan air bersih dan tempat sampah melalui program P2KP (Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan). Program ini bertujuan agar setiap pemerintah kelurahan dapat menjaga dan mengatur keadaan lingkungan masing-masing.  

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks