Pemkot Ajukan Nama Kecamatan ke DPRD

Rabu, 26 November 2014 | 16:29:02 WIB | Dibaca: 436 Kali


Tampak suasana Kota Jambi di siang hari. Saat ini Pemkot Jambi berencana untuk memekarkan kecamatan di Kota Jambi menjadi 11 dari 8 kecamatan.

KOTA JAMBI - Pemerintah Kota Jambi kembali merencanakan pemekaran kecamatan. Kota Jambi yang semula berjumlah delapan kecamatan akan dimekarkan menjadi 11 kecamatn.

Pemekaran tiga kecamatan ini didasari oleh makin bertambahnya jumlah penduduk di Kota Jambi, serta untuk mempermudah pelayanan kepada warga.

"Agar dapat memberikan pelayanan yang lebih sehingga terjangkau oleh warga. Kecamatan Kotabaru kan sangat luas. Kantor camat berada di Kotabaru, namun jika warga Kenali Besar mau mengurus ke kantor camat tentunya sangat jauh. Nah dari situlah pemekaran dilakukan agar warga lebih mudah menjangkau dan pemkot dapat memberikan pelayanan lebih," ujar Sy Fasha usai rapat paripurna Ranperda pemekaran kecamatan, kemarin.

Direncanakan, jelas Fasha, nantinya Kecamatan Kotabaru dan juga  Telanaipura akan dipecah menjadi dua. Sedangkan pecahan dari Kecamatan Jambi Selatan akan mengambil satu kelurahan dari Kecamatan Jambi Timur.

"Dalam satu kecamatan akan terambil paling tidak 4 kelurahan. Sedangkan Kecamatan Jambi Selatan akan mengambil satu kelurahan dari Kecamatan Jambi Timur," jelasnya.

Sedangkan untuk nama-nama kecamatan baru nantinya masih meminta masukan dari masyarakat maupun dari DPRD Kota Jambi. "Nama-nama sudah kita ajukan, tetapi jika ada usulan dari masyarakat ataupun DPRD karena historis daerah tersebut ya nanti akan kita rubah," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Jambi, M Nasir menargetkan akhir tahun 2014 akan selesai. "Mudah-mudahan Ranperda ini paling lambat selesai pada 31 Desember selesai," ujar Nasir, kemarin.

Setelah paripurna, terang politisi Demokrat ini, dirinya berencana dengan secepatnya akan membentuk pansus untuk menggodok Ranperda tersebut.

"Secepatnya kita akan bentuk pansus ranperda ini. Mudah-mudahan tidak ada halangan, sehingga kita dapat menyelesaikannya dengan cepat," pungkasnya.

Sekedar diketahui nama kecamatan yang diajukan tersebut adalah kecamatan Alam Barajo untuk pecahan kecamatan Kotabaru, Mekar Jaya untuk pecahan Jambi Selatan dan Putri Ayu untuk pecahan Telanaipura. Untuk pemekaran tiga kecamatan ini Pemkot Jambi telah menganggarkan sebesar Rp 2 milyar untuk pembebasan lahan dan biaya sewa serta meubilernya di tahun pertama.

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks